Oleh: yellowcity | Juli 1, 2008

DARI MULAI JENIPER SAMPE PAMELLA ADA DISINI

Siapa yang tak kenal nama-nama artis Hollywood sekaliber Jenifer Lopez atau artis hot seperti Pamella Anderson yang dikenal lewat film serial baywatch, semua pasti tahu. Di Kuningan nama-nama seperti Jeniper (ingat pake p ya bukan f, kelemahan orang Sunda tak bisa bedain f, v, p semua dianggap sama pelafalannya yaitu p) dan Pamella, justru lebih dikenal sebagai nama produk makanan minuman khas Kuningan. Kenapa mereka mengambil nama persis seperti nama bintang Hollywood, biar lebih komersil sebagai strategi penjualan atau ada alasan lainnya? Mau tau alasannya?

Ternyata bukan tanpa alasan Jeniper  dijadikan salah satu merek minuman khas Kuningan.  Jeniper yaitu sejenis produk minuman (selain Jenisa) dengan bahan baku utama jeruk nipis. Kenapa dikasih nama Jeniper ?? Inilah jawabannya. Jeniper itu ternyata sebuah singkatan atau lebih tepatnya akronim dari JEruk Nipis PERas. Ha.. Ha.. Ha.. Kreatip bukan???

Sedangkan Pamella digunakan untuk produk tape/peuyeum ketan yang biasanya dijual dengan menggunakan kemasan ember hitam. Kenapa namanya Pamella ???  Sampai sekarang penulis belum menemukan alasannya. Mungkin pemilik usaha pabrik peuyeum ketan itu bernama Pamella. Yang jelas Jeniper, peuyeum ketan Pamella dan ada satu lagi opak bakar menjadi oleh-oleh wajib kalo pulang dari Kuningan.

O, iya soal kemasan, produk-produk itu sekarang sudah dikemas jauh lebih baik. Opak bakar misalnya sekarang sudah pake kotak kardus kecil, Jeniper diluar botolnya dikasih anyaman bambu tempat menggantungnya. Tapi yang aneh kenapa tape ketan harus pake ember ?? Ada cerita teman yang berkunjung ke Kuningan, di toko oleh-oleh dia melihat banyak ember yang dipajang. Dia merasa aneh dan kepingin tahu apa ya kira-kira isi ember itu kok bisa dijadiin oleh-oleh. Setelah dikasih tahu bahwa isinya tape ketan, dia menggeleng-gelengkan kepala tanda takjub. Kenapa juga harus pake ember, biar bisa kepake nggak langsung dibuang wadahnya kali ya. Hanya di kuningan tape ketan yang dijual per ember, luar biasa….


Responses

  1. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/dari_mulai_jeniper_sampe_pamella_ada_disini

  2. mantap,, jeniper


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: