Oleh: yellowcity | Juli 1, 2008

DARI VENEZUELA, HOLAND, JERMAN, TURKI SAMPE PRANCIS

Umumnya nama-nama daerah(kampung, desa atau kota) di Tanah Sunda termasuk di Kuningan di awali dengan nama Ci diambil dari kata Cai (air dalam bahasa Sunda) karena terletak dekat dengan sumber air atau sungai seperti Cilimus, Cibingbin, Citangtu, Cibinuang, Cirendang, Cigugur, Cipari dan sebagainya atau untuk beberapa daerah banyak juga yang diawali kata Windu seperti Winduhaji, Windusengkahan, Windujanten dsb. Pemberian nama suatu daerah tentunya berkaitan erat dengan sejarah atau ciri khas yang menjadi latar belakang pemberian nama daerah tersebut. Kadugede misalnya berasal dari kata kadu(durian) dan gede(besar), dari namanya jelas mungkin di daerah ini terdapat kadu yang besar-besar. Namun terlepas dari itu, ada beberapa daerah di Kuningan yang mempunyai nama unik, bahkan singkatan/akronim yang unik.

Nama Venezuela mungkin terasa asing di telinga orang Kuningan, tapi kalau nama ibukota Venezuela Caracas(meskipun harusnya dibaca Karakas) pasti semua tahu. Ya Caracas adalah nama sebuah desa di Kuningan dekat perbatasan dengan Cirebon.

Kalo Holand di Kuningan nama itu bukan untuk merujuk pada bangsa yang telah menjajah kita selama 350 tahun, Belanda. Tapi merupakan sebuah daerah dekat Universitas Kuningan yaitu singkatan dari CijoHO LANDeuh.

JermanAda lagi JERMAN yaitu untuk daerah sepanjang jalan JEndRal sudirMAN, meliputi Bojong Awirarangan dan sekitarnya.

Kalo PERANCIS, ini juga letaknya agak dekat ke perbatasan sebelah selatan yaitu daerah sekitar PERempatAN CIamiS.

TurkiYang terakhir TURKI semua pasti sudah tahu. Bukan karena penampilannya yang luar biasa di Euro 2008 sehingga banyak Fans Turki. Ini adalah sebutan khusus untuk orang-orang yang tinggal di sebelah selatan alias TUrunan KIdul.

Ada juga nama daerah yang merujuk pada kota-kota besar di Indonesia seperti JAKARTA singkatan dari JAtinunggal KARangTAwang dan BANDUNG untuk BAbakaN cigaDUNG. Bahkan ada yang ingin keren namanya di ubah menjadi bahasa Inggris misalnya Gunung Keling jadi Black Mountain, Kalapa Gunung jadi Coconut Mountain atau Tari Kolot jadi Old Dancing. Untuk daerah di pusat kota bahkan ada yang berbau sedikit porno yaitu Pasapen (kalo di baca terpisah) dan cigodeg.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: