Oleh: yellowcity | Juli 1, 2008

KUNINGAN

KUNINGAN DIMANA TUH?

Kalau pas kita memperkenalkan diri kepada teman-teman baru, pasti deh ada yang tanya asalnya dari mana? Kadang ada perasaan kesal bahkan mungkin minder kalau ternyata tempat asal kita ternyata nggak dikenal sama orang lain. Apalagi kalau kita kenalan sama orang dari luar Jawa Barat, pasti nggak aneh kalo mereka nggak tahu kalo Kuningan itu ada dimana. So, kita harus menjelaskannya lebih lanjut, mungkin yang paling sering kita pake sebagai ancer-ancerannya yaitu Cirebon, ya jadi Kuningan Cirebon. Tapi kalo teman baru kita itu jam terbang jalan-jalannya kurang atau pengetahuan Geografinya pas-pasan terpaksa kita harus jelasin lebih detail lagi. Dan kita harus menerima kenyataan bahwa Kuningan itu masih belum terkenal di Nusantara.

DATA DAN FAKTA

Letak astronomis Kuningan: 108° 23′ – 108° 47′ BT dan 6° 47′ – 7° 12′ LS. Sedangkan ibu kotanya terletak pada titik koordinat 6° 45′ – 7° 50′ LS dan 105° 20′ – 108° 40′ BT.

Letak Geografis berada di bagian timur Jawa Barat. Secara administratif berbatasan dengan:

• Sebelah Utara : Kabupaten Cirebon

• Sebelah Timur : Kabupaten Brebes (Jawa Tengah)

• Sebelah Selatan : Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah)

• Sebelah Barat : Kabupaten Majalengka

Satu lagi yang menjadi ciri Kuningan yaitu Gunung Ciremai, gunung ini tingginya 3.076 m dari permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di tanah sunda.

AKSES TRANSPORTASI

• Dari arah Jakarta: untuk angkutan umum biasanya menggunakan bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) seperti Luragung Jaya, Putra Luragung, Sahabat, Setia Negara dari Terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan dsb. Atau bisa juga dengan menggunakan jasa Kereta Api naik Cirebon Express turun di Cirebon kemudian menggunakan jasa angkutan PJKA ke Kuningan.

• Dari arah Bandung: bisa naik Bus DAMRI langsung dari terminal Cicaheum (namun terbatas pada jam-jam tertentu saja) atau naik Bus jurusan Cirebon baru dilanjutkan ke Kuningan.

• Dari Arah Semarang(Jawa):bis naik BUS atau kereta yang ke arah barat turun di Cirebon, baru dilanjutkan ke Kuningan.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: