Oleh: yellowcity | September 17, 2008

SENI GEMYUNG “KESENIAN PARA WALI”

Seni Gemyung adalah salah satu kesenian tradisional di Kabupaten Kuningan. Kesenian ini bernafaskan Islam karena pada setiap penampilannya melantunkan salawat-salawat nabi. Seni Gemyung ini hampir terdapat di setiap kecamatan di Kabupaten Kuningan. antara lain di desa Cilimus Kecamatan Cilimus, desa Purwasari kecamatan Garawangi, desa Bayuning kecamatan Kadugede, desa Darma, Ciwaru, Ciawigebang dan sejumlah desa lainnya.

Pagelaran seni Gemyung terkadang bisa semalam suntuk dengan menampilkan 20 jenis pupuh. Sedangkan pada acara khitanan dijadikan sebagai media hiburan seraya menunggu terbitnya matahari saat akan dilaksanakannya acara khitanan oleh dukun sunat. Seni Gemyung ini mulanya sebagai alat para wali dalam menyebarkan agama Islam di daerah Jawa barat pada khusunya dan pulau Jawa pada umumnya, maka banyak orang yang menyebutnya sebagai “kesenianpara wali”

Mula-mula seni gemyung biasanya tampil apa adanya di dalam rumah, kali ini tampil disebuah panggung sebagai acara hiburan atau apresiasi seni tradisional pada acara Muludan, Rajaban, Khitanan dan Puput Puseur Bayi dengan didukung penampilan kostum “gaya Arab” setiap pemainnya mengenakan sorban sambil melantunkan salawat-salawat nabi.

Pembukaannya dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pertama pembukaan tanpa masuk Gemyung. Tahap kedua diiringi tetabuhan genjring. Adapun salawat-salawat nabi yang disampaikan antara lain: Asalamualaiku, Mussahri, A-solattu alanabi dan ayat-ayat lainnya. Dengan alat musik terdiri dari genjring kempring(paling kecil), genjring kempul (agak besar) dan genjring goong (bentuknya paling besar). Dalam perkembangannya sat ini, seni gemyung ditambah peralatan gendang dan goong untuk kombinasi irama musik dengan salawat nabi.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: