Oleh: yellowcity | Juli 26, 2010

KUNINGAN DAN ADIPURA

piala adipura

Kota Kuningan sudah meraih Piala Adipura untuk kategori kota kecil terbersih sebanyak 7 kali. Lima kali diperoleh secara berturut-turut sejak tahun 1991-1995, tahun 2008 dan yang terakhir pada tahun 2010. Piala Adipura merupakan penghargaan tertinggi kepada kabupaten yang berhasil menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup. Piala ini pernah vakum beberapa tahun dan bahkan pernah berganti nama menjadi Piala Bangun Praja. Namun karena dinilai kurang tenar oleh Menteri Lingkungan Hidup diganti kembali Piala Adipura.

Ada sebuah ceremonial yang sering dilakukan setelah sukses meraih Piala Adipura. Piala Adipura itu biasanya akan diarak menggunakan kendaraan hias keliling Kota Kuningan. Arak-arakan dimulai dari tugu perbatasan Kab. Cirebon-Kab. Kuningan, untuk selanjutnya diarak mengelilingi jalan-jalan protokol di antaranya, Jl. Siliwangi, Jl.Veteran, Jl. A. Yani, Jl. Otista, Jl.Aruji dan berakhir di halaman Pendopo Bupati.

Namun sebenarnya hakikat penghargaan Adipura ini adalah bagaimana kita sebagai warga Kuningan benar-benar bisa menjaga lingkungan di sekitar kita agar tetap bersih dan lestari. Tentunya hal ini bukan hanya  menjadi tugas Pemda ataupun tugas pasukan kuning yang setiap hari tekun membersihkan jalan protokol tak peduli hujan angin ataupun teriknya sinar matahari menerpa. Ini adalah tugas bersama, dimulai dari diri sendiri dengan melakukan hal yang terkecil seperti tidak membuang sampah sembarangan dan dimulai saat ini pula. Selamat bagi kota Kuningan tercinta…


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: