KUNINGAN

KUNINGAN DIMANA TUH ?

Kalau pas kita memperkenalkan diri kepada teman-teman baru, pasti deh ada yang tanya asalnya dari mana? Kadang ada perasaan kesal bahkan mungkin sedikit minder kalau ternyata tempat asal kita ternyata nggak dikenal sama orang lain. Apalagi kalau kita kenalan sama orang dari luar Jawa Barat, pasti nggak aneh kalo mereka nggak akan tahu letak Kuningan itu ada dimana. So, kita harus menjelaskannya lebih lanjut, mungkin yang paling sering kita pake sebagai ancer-ancerannya yaitu Cirebon, ya jadi Kuningan Cirebon (di Jakarta ada kawasa bisnis yang namanya juga Kuningan kadang suka ketuker juga tuh). Tapi kalo teman baru kita itu berasal dari luar Jawa atau jam terbang jalan-jalannya kurang mungkin juga karena pengetahuan Geografinya pas-pasan terpaksa kita harus jelasin lebih detail lagi. Dan kita harus menerima kenyataan bahwa Kuningan itu masih belum terkenal di Nusantara.

LEBIH DETAIL

Dilihat dari posisi geografisnya terletak di bagian timur Jawa Barat berada pada lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah. Secara administratif berbatasan dengan:

• Sebelah Utara : Kabupaten Cirebon

• Sebelah Timur : Kabupaten Brebes (Jawa Tengah)

• Sebelah Selatan : Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah)

• Sebelah Barat : Kabupaten Majalengka

Kuningan terletak di kaki gunung Ciremai jadi udaranya sejuk, di bagian utara yang berada persis di kaki gunung banyak terdapat objek wisata berorientasi pegunungan seperti curug, pemandian air dingin, pemandian air hangat, bumi perkemahan dan sebagainya.

AKSES TRANSPORTASI

Untuk dapat menuju ke kota Kuningan ada beberapa jalur yang biasa di tempuh:

• Dari arah Jakarta : bisa ditempuh melewati jalur Pantura dengan menggunakan Bus AKAP seperti:Luragung Jaya, Sahabat dan Setia Negara baik dari Terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan dsb. Atau juga bisa naik kereta api Cirebon Express tujuan Cirebon baru dilanjutkan angkutan PJKA ke Kuningan.

• Dari arah Bandung : bisa ditempuh dengan menggunakan Bus DAMRI dari terminal Cicaheum atau naik Bus jurusan Cirebon baru dilanjutkan ke Kuningan

• Dari arah Semarang (Jawa): semua Bus yang ke arah barat melewati Pantura turun di Cirebon dilanjutkan ke Kuningan.

MASIH BINGUNG JUGA??

Aduh kalo masih bingung juga jadi bingung juga jelasinnya. Gampangnya mendingan ikut aja nati liburan ke Kuningan OK?

Responses

  1. selamat pagi, saya mau bertanya. saya berencana naik kereta ke kuningan, bila dari arah malang (jawa timur) mau ke kuningan naik kereta apa dan berhenti di stasiun mana ya?
    terimakasih


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: